Laman

Jumat, 02 November 2012

Melon dan manfaatnya

siapa yang tidak tahu dengan buah melon, buah yang memiliki aroma khas serta rasa yang nikmat. Buah melon berasal dari timur tengah dan memiliki nama latin Cucumis melo. Buah melon merupakan buah yang berasal dari suku labu-labuan atau Cucurbitace.

Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, buah melon ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah melon merupakan buah yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi diantaranya adalah zat besi, kalsium, fosfor, karbohidrat, protein, lemak, potasium, vitamin A, vitamin B, serta vitamin C.



Selain memiliki rasa yg segar, buah melon juga mengandung segudang nutrisi penting yg dibutuhkan tubuh. Dalam 100 gram daging buah melon terdapat zat gizi penting seperti:
·       Karbohidrat 14,8 gr
·       Protein 1,55 gr
·       Lemak 0,5 gr
·       Potassium 546,9 mg
·       Vitamin A 5.706,5 IU
·       Vitamin C 74,7 mg



Adapun manfaat dari buah melon adalah sebagai berikut:

1.      Sebagai Anti Kanker
Secara ilmiah telah terbukti bahwa buah melon mengandung senyawa karatenoid dalam jumlah yang tinggi. Senyawa karatenoid merupakan senyawa pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran yang dapat berfungsi untuk mencegah sel kanker dalam tubuh. Selain itu, dengan konsumsi melon secara teratur, seseorang bisa terhindar dari resiko kanker paru-paru.

2.      Menghindarkan stoke
Kandungan antikoagulan buah melon dapat menghentikan penggumpalan darah dalam tubuh sehingga membuat aliran darah lancar dan sehingga dapat menghindarkan dari terkena resiko stroke.

3.     Melancarkan Buang Air Besar (BAB)
Kandungan serat pada buah melon juga sama dengan yang dimiliki buah lain seperti pepaya. Sehingga jika mengkonsumsi buah melon secara teratur akan membuat sistem pembuangan menjadi lancar.

4.     Menjaga kesehatan mata
Buah melon juga diperkaya dengan beta-karoten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan tubuh untuk memperbaiki fungsi mata, terutama dalam ruangaan dengan pencahayaan minim.

5.     Membantu memelihara organ ginjal
Buah melon memiliki sifat diuretik yang membuat yang dapat membuat sering untuk buang air kecil. Secara langsung hal tersebut akan membantu organ ginjal menjadi lebih sehat.

6.     Meredakan panas dalam
Buah melon yang kaya akan kandungan air, dapat membantu memberikan kesegaran dan kesejukkan bagi tubuh. Pada buah melon juga terdapat vitamin A, B, dan C. Dengan mengkosumsi buah melon, dapat membantu meredakan panas dalam.

7.      Mempertahankan elastisitas dan keremajaan jaringan kulit
Melon ini juga diketahui mengandung senyawa kolagen yang dikenal mampu mempertahankan elastisitas juga keremajaan jaringan kulit. Kandungan vitamin pada buah melon akan membantu kulit Anda tetap sehat sepanjang waktu.

8.     Mencegah impotensi
Kandungan asam amino pada buah lemon dapat memproduksi arginine yang berfungsi untuk mencegah terjadinya impotensi

9.     Membantu proses diet
Lebih dari 90 persen kandungan buah melon adalah air yang bisa memberikan efek menyegarkan dan mencegah panas dalam. Buah ini sangat rendah kalori, bebas lemak dan kolesterol, sehingga cocok dikonsumsi saat sedang berdiet.







Tidak ada komentar: